5 Bahasa Pemrograman Paling populer

Dari ratusan bahasa pemrograman yang terdapat di dunia, pastinya ada beberapa bahasa yang lebih disukai oleh banyak orang, entah karena kemudahan dalam penggunaanya, sifatnya yang open source, ataupun karena bahasa tersebut cukup powerful untuk membangun suatu aplikasi. Berikut akan saya ceritakan secara singkat tentang beberapa bahasa pemrograman yang paling populer di dunia.


1. Pascal
Dibuat oleh seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP), Niklaus Wirth pada tahun 1971, Pascal pastilah dikenal oleh semua mahasiswa yang mempelajari pemrograman sebagai mata kuliahnya. Awalnya Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai media pembelajaran kepada para mahasiswanya yang tengah mempelajari konsep pemrograman komputer. Selain itu Pascal dibuat juga untuk melengkapi berbagai kekurangan yang terdapat pada bahasa pemrograman yang ada pada masa itu. Siapa sangka, kini bahasa pemrograman yang namanya diambil dari nama matematikawan Prancis, Blaise Pascal (pencipta mesin hitung pertama) ini telah menjadi salah satu bahasa pemrograman paling terkenal yang masih dipakai hingga saat ini.

2. C
Bahasa C khususnya digunakan untuk membuat program berlandaskan sistem operasi UNIX. Kesederhanaan menjadi kekuatan bahasa yang satu ini, karena bahasa C tidak mempunyai terlalu banyak aturan seperti bahasa pemrograman lainnya. Hal ini membuat bahasa pemrograman ini memungkinkan seorang programmer untuk dapat membuat dan mengembangkan sistem program dengan cara dan keinginannya sendiri.

3. C++
Banyak orang berpendapat bahwa bahasa C++ adalah bahasa yang paling baik jika kita ingin membuat aplikasi dengan skala besar. Dikenal sebagai bahasa pemrograman berorientasi objek (object oriented programming), C++ memayungi bahasa C. Bahkan, bahasa pemrograman Java yang akan kita bahas setelah ini pun berbasiskan pada C++.

4. Java
Java pertama kali lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, berlangsung dari awal 1991 hingga musim panas 1992. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Java berbasiskan kepada C++, namun bahasa Java lebih dikhususkan kepada distribusi objek program dalam network seperti Internet. Java relatif lebih sedrhana, mudah dipelajari, dan memiliki karakteristik yang lebih menguntungkan daripada C++. Java juga dapat dijalankan diberbagai komputer, bahkan pada ponsel sekalipun.

5. JavaScript
JavaScript adalah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape untuk membuat halaman web yang interaktif dan dinamis. Kemampuannya berinteraksi dengan kode HTML membuatnya dapat mengubah konten suatu halaman web. Walau JavaScript mengadopsi feature serta keseluruhan struktur tata Java, namun keduanya dikembangkan secara terpisah. Sifat dari JavaScript ini sendiri adalah open language, yang berarti dapat digunakan oleh siapapun tanpa harus membayar lisensi.


Keep Spirit on Learning,
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar