Manakah Antivirus yang terbaik?

Lanjutan dari post saya sebelumnya, sekarang saya akan mereview beberapa antivirus yang mungkin salah satunya cocok untuk komputer anda. Terdapat 7 Antivirus Luar (Avast!, Norman/Symantec, AVG, Avira, BitDefender, Kaspersky, dan Panda Cloud Antivirus) dan 3 Antivirus Lokal (SmadAv, PCMAV, Ansav)yang saya review bersama linknya. Semoga membantu buat yang sedang bingung mau memilih antivirus mana yang cocok buat Komputernya.


1.Avast!
Avast! merupakan antivirus yang amat powerful dalam menjaga keamanan PC anda. Sejak pertama kali saya menginstall antivirus ini, belum pernah saya terpaksa menginstall ulang komputer saya akibat terinfeksi virus. Keunggulan dari antivirus ini adalah penggunaan memori yang tidak terlalu berat, sangat cocok untuk komputer yang memiliki memori tidak terlalu besar namun menginginkan perlindungan sempurna dari serangan virus. Selain itu fitur On-Access Scannernya cukup tangguh untuk menghalau virus yang mencoba menginfeksi komputer kita secara mendadak.

Avast! dapat mengidentifikasi virus, malware, trojan, adware, rootkit dan berbagai threat yang dapat mengancam komputer kita. Satu hal yang paling saya senangi dari antivirus ini adalah fitur updatenya yang mudah, jika terkoneksi ke internet maka Avast! dapat melakukan auto update secara otomatis, sehingga tidak merepotkan pengguna. Jika kita tidak memiliki koneksi internet di rumah, untuk mengupdatenya kita cukup pergi ke warnet terdekat, masuk ke situs resminya untuk mendownload update virus database dalam bentuk .exe, kemudian pulang ke rumah, double klik file .exe tersebut, tunggu prosesnya ... dan antivirus anda sudah terupdate! mudah kan?

Anda orang yang malas, sibuk, atau nggak punya waktu buat ke warnet buat nyari update antivirus? Nah, mungkin dengan Avast! anda bisa sedikit lega, pasalnya engine heuristic yang dimiliki AV ini cukup sensitif untuk sekedar menghalau virus-virus biasa, namun sepanjang pengalaman saya menggunakan AV ini amat jarang ditemui terjadinya kasus false positive (file bersih, namun di anggap sebagai thread oleh AV), tapi saya nggak bilang kalau nggak di update nggak papa loh! Ya, minimal satu bulan sekali lah datang ke warnet buat download updatenya, buat yang nggak punya koneksi internet. Kalau udah terkoneksi, ya serahkan saja updatenya sama fitur auto updatenya.

Dan mungkin karena pihak perusahaan Avast! tahu, kalau kita senangnya yang gratisan^^ , maka dibuatlah versi Avast! Free Home Edition dengan fitur yang tidak banyak berbeda dari versi berbayarnya, gratis, dengan syarat kita harus melakukan registrasi dengan email melalui link situs resminya, dan AV ini hanya diperbolehkan untuk digunakan kalangan rumahan, nggak boleh dipakai selain itu.

Tertarik? Silakan download file installasinya melalui link berikut :

- Avast! Home Edition
- Situs Resmi Avast!


2.Symantec/Norton
Nah, ini dia antivirus yang banyak dibilang orang sebagai antivirus yang banyak makan memori, berat, dan lain-lain. Rupanya pada tahun-tahun belakangan pihak symantec menyadari kekurangan ini dan merevolusi produknya sehingga menjadi jauh lebih ringan dari sebelumnya. Terbukti sampai sekarang saya menggunakan Norton Internet Security ditambah dengan Avast! Home Edition dan keduanya berjalan berdampingan dengan baik-baik saja tuh. Memang sih awalnya bentrok, saat proses install Norton minta uninstall Avast!, tapi saya cuekin aja tuh, nggak ngaruh juga sampe sekarang.

Kalau mungkin ada yang bertanya ngapain pake antivirus sampe 2 buah, ya itu kan buat jaga-jaga aja. Di satu sisi Avast! saya pake buat menscan drive komputer saya secara rutin, sementara Norton bertugas mengamankan jalan-jalan saya di dunia maya dari serangan berbagai threat. Pake Avast! saja juga cukup sih, tapi mumpung memori besar dan lebih baik pake spesialisasinya masing-masing, makanya saya pake keduanya.

Terdapat 3 produk security dari Symantec yang saya ketahui, Norton Antivirus, Norton Internet Security, dan Norton 360. Penjelasan mengenai produknya bisa dilihat di situs resminya, yah. Untuk versi yang gratisan, bisa coba versi trial 90 harinya.

-Link Free Trial 90 hari Norton 360 / Norton Antivirus
-Situs Resmi Symantec


3. AVG
Kalau tidak salah, inilah antivirus pertama yang diinstall ke komputer saya saat pertama kali punya komputer. Yah, namanya aja baru punya komputer, mana tahu kan harus update, harus dipake, macem2 dah, tahunya cuma harus dobel click file installnya, next, next, yes, install... dan komputer udah bebas virus. Ada sih tulisannya, 'virus database : not update' atau apa gitu, tapi namanya masih gaptek ya dibiarin aja, taunya udah install AV, colok flash disk, autorun nggak dimatikan, asal klik file, dan tentunya anda sudah tahu apa yang terjadi sama komputer saya. Muncul pesan error berkali-kali , AVGnya pun teriak-teriak bilang ada virus (w32/sality rasanya kalau nggak salah..), karena pusing maka dimatika secara paksa, dan alhasil tidak dapat login ke dalam windows dan terpaksa install ulang T_T..

Kesimpulan saya sih, antivirus ini nggak kuat kalau nggak di update. Lagian fitur AVG gratisannya jauh berbeda sama versi berbayarnya, fitur real time protection (resident shield namanya kalau tidak salah?) untuk versi gratis pun rasanya kurang begitu kuat. Yah, tapi mungkin antivirus ini bisa juga diandalkan, namun dengan satu syarat, yaitu HARUS UPDATE.

Disini kalo mau download :

-AVG Free Edition
-Situs Resmi AVG


4.Avira
Antivirus dengan lambang payung merah ini cukup populer di Indonesia, bahkan di kalangan para master. Disamping versi berbayar yang ditawarkan, juga terdapat versi gratisan, yah walaupun fiturnya lebih sedikit dari versi bayar. Satu kekurangan yang saya rasakan saat memakai AV ini adalah seringnya terjadi false positive, dengan mendeteksi file yang bersih sebagai virus. Anehnya terkadang ada virus yang bisa lolos deteksi hingga menginfeksi sistem. Memori yang disarankan untuk AV ini sebaiknya 512 MB, jika pakai memori 256 MB mungkin jalannya akan terasa berat saat digunakan.

Silakan download filenya disini :

-Avira AntiVir Personal
-Situs Resmi Avira


5.BitDefender
Antivirus ini memiliki kekurangan yaitu harus dijalankan dengan penggunaan memori yang cukup besar, minimal 1 Giga agr tidak memperlambat kerja komputer. Tetapi fakta membuktikan dari berbagai test seperti dari Pc World menempatkan BitDefender sebagai antivirus terbaik. untuk mendownload BitDefender Antivirus 2009 (instaler) anda perlu koneksi internet langsung, download langsung instal.

-BitDefender Antivirus 2009
-Situs resmi BitDefender


6.Kaspersky
Nah kalau yang satu ini saya juga kurang tahu banyak soalnya belum pernah nyoba, tapi kelihatannya cukup banyak juga yang pake AV ini, apalagi diwarnet-warnet. Katanya cukup bagus mendeteksi virus lokal. Yah kalau mau coba silakan aja klik link di bawah :

-kaspersky Anti-Virus 2010
-Situs Resmi Kaspersky


7.Panda Cloud Antivirus
Nah ini dia software AV terbaru, saya sendiri belum sempat nyoba tapi dari konsep yang diberikan kelihatannya cukup ampuh untuk menghalau virus di komputer kita.

Begini katanya :
"Panda Cloud Antivirus protects you while you browse, play or work and you won't even notice it. It is extremely light as all the work is done in the cloud. It provides you with the fastest protection against the newest viruses thanks to its cloud-scanning from PandaLabs' servers. Panda Cloud Antivirus is truly install and forget. Don't worry about updates, configuration or complicated decisions ever again."

Nah, kayaknya keren banget yah mottonya "Panda Cloud Antivirus is truly install and forget", abis di install lalu biarin deh nggak usah di apa-apain dia bakal ngurus dirinya sendiri (kayak panda?). Tapi mungkin buat yang tidak memiliki koneksi internet mungkin nggak bisa juga yah melakukan 'Install and forget'? Soalnya dengan sistem cloud berarti sekali lagi koneksi internet adalah hal yang paling utama disini. Kalau tertarik silakan kunjungi situs pribadinya melalui link di bawah :

-Panda Cloud Antivirus
-Situs Resmi Panda Cloud Antivirus


Nah, Kalau tadi banyak direview antivirus luar, antivirus lokal juga boleh donk unjuk gigi:

1.SmadAv
Antivirus buatan lokal ini sekarang sepertinya sudah berhasil menjadi salah satu antivirus lokal yang paling difavoritkan banyak orang. Semakin kesini, revisi demi revisi terus dilakukan para pembuatnya, fitur-fiturnya pun cukup unggul dan tidak kalah dengan antivirus luar. terdapat real-time protector, dapat mengenablekan Task Manager, Command Prompt, registry Editor, serta System Configuration Utility yang biasa di-disablekan oleh virus. Ukurannya pun cukup kecil, hanya beberapa kb saja.
SmadAv bisa didownload di situs resminya : http://www.smadav.net/

2.PCMAV
PCMAV adalah antivirus lokal yang pengembangannya dilakukan oleh majalah PC Media. AV ini cukup baik untuk mengatasi virus-virus lokal yang merajalela, dan memiliki kemampuan cure pada file yang telah diinfeksi virus-virus tertentu sehingga dapat dikembalikan seperti semula. AV ini dapat dikombinasikan dengan AV luar yaitu ClamAv, sehingga database virusnya jadi lebih banyak. Kekurangan yang sempat saya rasakan saat menggunakan antivirus ini adalah engine heuristicnya yang terlalu sensitif sehingga terkadang menimbulkan false positive. PCMAV biasanya menjadi bonus pada tiap edisi majalah PCMEDIA, namun juga dapat didownload di http://pcmav.biz/download

3.Ansav
Saya sendiri tidak pernah menggunakan antivirus ini, jadi tidak banyak yang bisa saya katakan mengenai keunggulan maupun kelemahan AV ini. Ansav dapat di download melalui http://www.ansav.com/download/


Untuk yang berniat menggunakan antivirus lokal saya sarankan sebaiknya dikombinasikan dengan Antivirus luar juga, karena biar bagaimanapun pencegahan jauh lebih baik daripada nantinya kelabakan karena harus kehilangan data dan install ulang akibat serangan virus.

Oh ya, buat jaga-jaga ini silakan kalau mau download windows XP SP3 dari server Indowebster, kali aja musti install ulang yah, wkwkwkwk....

Download Windows XP Professional SP3


Keep Spirit on Learning,
0 Responses

Posting Komentar