Pilih-Pilih AntiVirus

Kali ini saya akan ngebahas tentang antivirus, review ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi serta para pengalaman pengguna lainnya, tapi artikel ini udah diusahakan untuk dibuat seobjektif mungkin, so, gimana memilih antivirus (AV) yang tepat untuk komputer kita? check it out..

Mari terlebih dulu kita pahami apa sih sebenarnya virus dan antivirus itu. Virus adalah suatu program yang didesain untuk merusak sistem operasi dalam sebuah komputer (kira-kira begitu?), dan kebalikannya, antivirus merupakah program yang didesain untuk mencari virus dan membersihkannya. Namun begitu, sebenarnya tidak ada antivirus yang benar-benar mampu membersihkan semua virus. Mengapa? Karena pada dasarnya antivirus baru bisa dibuat apabila seorang pembuat anti virus sudah melihat cara kerja virus tersebut, barulah ia bisa membuat vaksinnya. Kesimpulannya, virus selalu lebih dahulu ada daripada antivirus, benar kan?

Nah, gimana dong mengatasinya, sementara kita tahu hampir setiap hari selalu saja bermunculan virus-virus jenis baru di dunia maya? Untuk itu pilihlah antivirus yang paling tepat dengan kondisi anda saat ini, karena tentunya tidak semua orang cocok dengan satu antivirus saja. Misalnya, pada komputer yang memiliki memori rendah tentunya tidak akan memasang antivirus yang berat, dan komputer yang terkoneksi ke internet haruslah menggunakan antivirus yang dapat memproteksi komputernya secara lebih kuat daripada antivirus untuk komputer yang offline. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih antivirus untuk komputer, check this out :


1. Yang pertama, pastikan apakah AV tersebut masih aktif dan berkesinambungan dalam mengupdate AV-nya (ya iyalah, sama boong pake antivirus kalo nggak update!). Hal ini bisa koq dilihat dari website resmi AV tersebut, apakah masih aktif atau tidak. Lebih bagus lagi kalo update database AV tersebut bisa dilakukan secara otomatis ketika kita sedang online, jadi nggak repot nyari file updatenya.

2.Pilihlah AV yang efektif dalam mengidentifikasi, membersihkan, serta mengkarantina/menghapus virus yang menginfeksi komputer kita, sehingga dapat menghentikan penyebaran virus secara sempurna dalam harddisk atau melalui jaringan.

3.Sebaiknya pilih AV yang punya perlindungan semacam real time protector, atau yang semacamnya, sehingga dapat melindungi komputer kita secara real time dan memprotect komputer kita dari serangan Virus, Malware atau Spyware secara mendadak.

4.Fitur serta Plugin tambahan yang terdapat pada AV pun terkadang cukup membantu kita. Adanya fitur-fitur tambahan membuat sebuah AV menjadi semakin ampuh dalam memberikan perlindungan. AV yg tangguh selalu menawarkan bermacam tool, mulai dari real-time protector biasa hingga heuristic scanner dan pemblokiran script, AV semakin baik jika pilihan fungsi toolnya lebih banyak.

5.Pilihlah AV yang user-friendly atau mudah digunakan. Kan aneh kalau udah punya AV tapi nggak tahu cara makainya.

6.Plih AV yang tidak terlalu besar sizenya, dan tidak makan terlalu banyak memori biar jalannya komputer nggak jadi lemod (menyesuaikan, kalo punya memori yang besar sih nggak masalah).

Itu aja sih dulu, nanti disambung lagi dengan review antivirusnya, semoga berguna^^


Keep Spirit on Learning,

0 Responses

Posting Komentar