Belajar dan Introspeksi dari Bengkel Tambal Ban

Upss... tahan dulu, kalo ngira ini postingan tentang bagaimana caranya menambal ban, anda salah tempat.. hehehe, apa sih ini? Ini sih sekedar berbagi cerita aja koq, kalau mau dibaca silakan, dilewati aja juga nggak papa, hee..

Begini ceritanya.. Tadi malem kira-kira jam 7-an, Sebenarnya saya mau ikut suatu pertemuan grup antar member perusahaan yang sedang saya ikuti, apesnya baru setengah jalan, eh koq tiba2 jalan motornya jadi goyang-goyang, keaaggg ,, ternyata ktusuk paku.. T_T

Nah untungnya ada tambal ban di dekat situ, selamet dehh.. tanya seh sama oom-oom yang ada di sana ..
Saya : "Om, bisa tambal ban yah?"
Oom : "Oh, nggak bisa mas, soalnya anak2nya udah pada pulang tadi"
Saya : "Gitu yah (kecewa), dideket sini mana ada lagi tambal ban yah?"
Oom : "Oh, ntuh deket aja coba kesana.. (nunjuk ke belakang)"
Saya : "Makasih om yah.."

Berjalanlah saya ke arah yang ditunjukkan oom tadi,
sepuluh meter..
dua puluh meter..
lima puluh meter..
seratus meter..


"huff" (mulai capek)..
lima ratus meter berikutnya...
(tengok kiri-kanan, sepii.... T_T)

"haaaahhh, deket apanya sih kata si oom, deket dari hongkong??"

Akhirnya saya terus berjalan, lurus saja, tanpa tahu mengarah kemana, hanya demi mencari tambal ban terdekat (bacalah bagian ini sambil mendengarkan alunan musik yang biasa dipakai di film-film hollywood saat si jagoan nekad menerobos markas musuh dengan gerakan slow motion)

Akhirnya setelah berjalan jauh terlihatlah sebuah ban dipaku di kayu dengan tulisan cat warna putih "TAMBAL BAN"

"Haaaaaaaaaa...!!!" (akhirnya ketemu juga!)

Dengan menuntun motor yang kempes, saya berjalan memasuki tempat tambal ban itu..

Saya : "Mas bisa tambal ban nggak nih? (takut dibilangin "oh, udah tutp mas")
Mas : "Bisa mas"
Saya : "Oh, tolong tambal yah.."
Mas : "Beres, duduk aja mas"

Ditunggu ~ Ditunggu..

(Aduh paling kesel tu nunggu deh, kayaknya bakalan lama nih..)

"ehem.."(Sambil lirik-lirik kiri-kanan eh ternyata ada cewek cakep, ehm cakep sih, sendirian aja lagi.. tapi mau diapain? jangan malu-maluin please deeehhh..)

"...." (Sok cuek, liat mobil lewat .. eh kayaknya dia liatin aku deh *mode narsis :on*)

".......ngg" (Masih sok gak mau tau, liat bintang jatoh.. eh, beneran deh kayaknya.. mbak, mbak liatin siapa sih, liatian aku yaaa.. hooh kebetulan niih,, boleh kenalan nggak.. boleh tau nggak namanya siapa.. tinggal dimana neh.. ooh udah kuliah yaa.. di Unpar? wah sama doong... eh, btw boleh minta nomor HPnya nggak, .. eh nggak boleh? kenapa? nomor HPnya ada satu doank, jadi nggak boleh diminta? ah becandaan mbak garing deh, tapi lucu koq, kayak orangnya hee... hmm,,, apa? saya ganteng..? ah, banyak koq yang bilang begitu sama saya, hehe.. -dan percakapan tersebut terus berlanjut, namun sayangnya hanya ada dalam pikiran saya sendiri, dan semuanya menghilang saat mbak yang manis tadi masuk ke dalam rumah..-)

(Naah kan jadi ngelantur terus nih, bosen sih nunggu lama amat nambalnya.. ngapain aja sih maaass..?)

Tiba-tiba mas tukang tambal ban mendatangi saya dengan memasang muka seperti seorang dokter yang gagal megoperasi pasiennya dan harus mengucapkan "saya sudah berusaha semampu saya, namun Tuhan berkehendak lain" kepada keluarga pasien.

Mas : "Mas, bannya ganti aja yah?"
Saya : "Loh kenapa mas?"
Mas : "Lobangnya ada tiga (sambil ngasih liat ban dalamnya)
Saya : (mikir, lah kalo bolongnya tiga ya tambal aja ketiganya, gitu aja koq repot? ya, tapi saya nggak ngerti juga deh soal kayak ginian, terserah mas aja) "Berapa kalo ganti bannya mas?"
Mas : "Tiga Puluh Ribu .."
Saya : (kaget) "Whatttttttttt...!!??? (Beneran aja nih, becanda loe nggak lucu??)"
Mas : "...."
Saya : (nggak ngerti jadi ngikut aja) "emmm.. ya sudah deh, ganti aja mas...."
Mas : "Oke!"
Saya : (sedih) "hikz, ...T_T sial banget ni hari.."

Sementara mas tadi bekerja, saya akhirnya ngeliatin aja tuh orang lalu lalang di jalan, mbak yang tadi udah balik sih ketempat duduknya semula, tapi males aja udah ngeliatinnya, ntar dia kegeeran sendiri.

Ngliatin orang lewat asik juga ternyata, ada bermacam-macam orang di jalan, lengkap dengan gayanya masing-masing, misalnya ada yang naik motor duduknya miring, ada cewek pake motor matic ngebut cepet banget dari max speed saya (wow..), ada juga cewek naik motor yang sok keimutan, tau aja kan gaya-gaya yang naik motor sambil telunjuk tangan kirinya taruh dibibir, badan tegak kayak paski, kepalanya dimiringin gitu.. (emang ada yah yang kayak gini?) terusss.. (upzz, koq jadi ngomongin orang?)

Tapi yang paling berkesan disini adalah saya melihat seorang bapak penjual kacang rebus yang menjajakan dagangannya dengan menggunakan gerobak dorong. Ciri yang paling mencolok dari bapak ini adalah dia menggunakan petromaks terang di gerobaknya.. (mungkin anda pernah lihat?) dalam hati aku berpikir, wah hebat juga yah ni bapak, tadi dia lewat rumahku, dan sekarang udah nyampe sini.. wah jauh amat?

Salut dah buat bapak ini, jujur aku nggak tau gimana kehidupannya dan dimana rumahnya. Tapi melihat usaha beliau menjajakan kacang (sama jagung juga), dari sore sampe tengah malam (padahal dingin, dan berkabut asap lagi!) beliau berjualan keliling kota mendorong gerobaknya. Apa nggak capek yah tiap hari begitu? Bagaimana kalau bapak itu sakit, siapa yang ngasih makan buat keluarganya? Sampai tadi kira-kira pukul 9 saat aku melihat bapak itu pun, yang kulihat kacang yang dijualnya masih tersisa banyak, itu artinya dia harus berjualan masih sampai tengah malam nanti!

Saya benar-benar salut untuk para pejuang keluarganya seperti bapak penjual kacang tersebut. Pernah saat saya bertanya kepada salah seorang penjual tersebut, apakah dia tidak bosan mengerjakan pekerjaannya, dia menjawab bahwa dirinya iklas dan mau bagaimana lagi sebab hanya itulah satu-satunya usaha yang dapat menyambung hidup keluarganya sampai saat ini. Makanya terkadang saya pun kesal jika melihat para pengemis yang datang ke rumah saya, seenaknya saja minta uang, hampir tiap hari, padahal masih muda dan masih sehat lagi... uurrggghhh, pengen sekali aku perlihatkan sama peminta-minta itu bagaimana perjuangan bapak penjual kacang itu dalam menghidupi keluarganya. Pada awalnya saya kasihan dan memberikan uang ala kadarnya kepada mereka, namun belakangan ini selalu saya suruh lewati saja (paling kesel itu ada saja pengemis yang maksa, dibilangin nggak ada koq maksa tuh, heran deh!).. Bukannya saya menganjurkan agar jangan memberi kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan, namun tolonglah bedakan yang mana pengemis yang malas, yang mana pengemis yang benar-benar meminta-minta karena terpaksa. Jika terbiasa menerima terus-terusan mereka akan menjadi semakin malas, kan! Ada yang pernah bilang, jika anda memberi ikan kepada seseorang maka anda memberinya makan sehari, jika anda memberi kailnya maka anda memberi makan seumur hidupnya, dan jika anda memberikan kail serta mengajarkannya cara memancing maka anda telah mengubah suatu negara, believe it or not!

Saya pun terkadang malu sama diri saya sendiri, jalan sedikit mencari tambal ban aja koq mengeluh yah? Jika dibandingkan bagaimana perjuangan pak penjual kacang itu menjajakan dagangannya berkeliling kota tentu saya ini tidak ada apa-apanya. Bekerja sedikit saja mencari uang tambahan dengan cara yang mudah pun kadang saya juga suka mengeluh, jadi malu.. Kuliah pun kebanyakan waktu dihabiskan main game jika tidak ada kerjaan, bukannya memikirkan masa depan..

Yah, bagaimanapun hari ini saya belajar banyak dari tempat tambal ban, walaupun harus membatalkan rencana saya mengikuti gathering perusahaan, namun ditengah menunggu itu (membosankan), saya belajar beberapa hal yang mungkin dapat memotivasi diri saya sendiri dan mungkin juga untuk anda yang membacanya. Rp 30.000 untuk mengganti ban itu pun harus saya relakan, sebab mungkin ini semua sudah takdir yang digariskan oleh yang di Atas (siapa tahu menang kompetisi blog edukasi^^, balik modal.. hehe? *ngarep mode : on*). Jadi, baik atau burunya sesuatu itu tergantung dari bagaimana kita memandang persoalan tersebut, apakah dari sisi negatif, atau sisi positifnya.

Ahkirnya, ban pun telah selesai diganti, dan saya pulang kerumah dengan berbagai pikiran yang masih memenuhi isi kepala ini.


".........."
(Jam berapa sih ini..???)
(Apaaaaa... jam 11.58 PM ... upzz.... besok kan musti ikut upacara bendera 17an..!!)
(Tidur dulu yahhhh, bye....)


he he, Keep Spirit on Learning
2 Responses
  1. nasip anda benar2 buruk ya,

    saya sarankan anda segera bertobat siapa tahu yang di atas memanggil anda

    komentar: menurut saya blog anda cukup bagus, akan tetapi tata bahasanya agak sedikit kacau, kadang anda menggunakan bahasa formal, dan kadang tidak, sehingga agak sedikit sulit untuk meresapi makna dari tulisan anda,

    tetap dikembangkan ya mas


  2. ya makasih atas sarannya mas 'adzi de master', itulah mengapa kalau pada bagian post yang bahasanya bercampur-campur saya kasih label 'gak jelas', gitu..

    tengkyu eniwey..


Posting Komentar